Kenali Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

penyebab diare berkepanjangan

Di musim penghujan seperti saat ini, salah satu penyakit yang patut diwaspadai adalah diare.  Diare biasanya ditandai dengan seringnya buang air besar (BAB) dengan tinja yang lebih encer dari biasanya. Diare menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kekurangan cairan. Diare bisa terjadi dalam hitungan hari namun bisa juga berminggu-minggu lamanya. Agar terhindar dari diare, sebaiknya ketahui apa saja penyebab diare dan cara mengatasinya. Penyebab diare yang paling umum adalah makanan dan minuman yang kurang higienis sehingga menjadi sarang bagi kuman, bakteri yang menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu jaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri sebelum makan/minum dengan mencuci tangan menggunakan sabun Lifebuoy agar kuman dan bakteri lenyap.

Makanan dan minuman yang kotor bisa memicu terjadinya infeksi usus. Ketika terjadi infeksi, usus akan mengeluarkan tinja atau kotoran dalam jumlah banyak dan frekuensi yang sering. Inilah yang kemudian memunculkan diare. Tidak hanya itu, penyebab diare lainnya yaitu konsumsi obat-obatan tertentu. Jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu lalu terserang diare maka coba periksa efek samping obat yang tengah anda konsumsi. Penyebab diare bisa juga berawal dari kondisi yang gelisah. Kecemasan yang berlebihan bisa menyebabkan usus bekerja ekstra dan merangsang terjadinya diare.  Diare juga bisa ditimbulkan konsumsi kopi dan minuman beralkohol yang berlebihan. Itu sebabnya kurangi konsumsi minuman kopi dan yang mengandung alkohol agar terhindar dari diare.  Itulah beberapa penyebab diare dan cara mengatasinya.

Jika sudah terserang diare maka anda perlu mengetahui bagaimana penanganannya. Penanganan pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan minum oralit. Oralit bisa mencegah terjadinya dehidrasi yang mengancam nyawa. Selain itu, konsumsi obat anti diare terutama bagi anda yang ingin bepergian jauh ke suatu tempat. Meskipun diare bisa sembuh tanpa pengobatan, namun bisa mengganggu aktivitas. Jika diare yang anda alami parah dan terus berkelanjutan, maka segeralah menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Itulah ulasan mengenai penyebab diare dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.